Selasa, 23 Maret 2010

LAPORAN KEGIATAN SEMINAR NASIONAL POTENSI LUAR BIASA SEJUTA ANAK CERDAS ISTIMEWA INDONESIA

LAPORAN KEGIATAN SEMINAR NASIONAL
POTENSI LUAR BIASA SEJUTA ANAK CERDAS ISTIMEWA INDONESIA
(Bagaimana Kita Membantu Mewujudkannya)

A. Pendahuluan
Pada hakekatnya, pendidikan adalah proses dan wahana bagi pembentukan diri seseorang secara keseluruhan dan kesadaran. Oleh karena itu, pendidikan menjadi hak dari setiap individu dalam usaha menjadikan manusia lebih beradab dan maju.
Salah satu yang berhak untuk mendapatkan layanan tersebut adalah anak yang termasuk dalam kategori Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI). mereka tidak saja berhak mendapatkan pendidikan, namun juga berhak mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter mereka. Sebagaimana dijamin dalam undang-undang Sistem Pendidikan Nasional no.23 tahun 2003, pasal 5 ayat 4 yang berbunyi : “warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak mendapatkan pendidikan khusus”.
Pendidikan khusus atau layanan khusus ini pada dasarnya adalah upaya untuk memenuhi memaksimalkan potensi yang mereka miliki sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi kehidupan dirinya, keluarga, masyarakat dan negara. Karena bila hal itu tidak dilakukan, tidak mustahil keberadaan mereka tidak saja menjadi sia-sia, namun juga bisa menjadi masalah dikemudian hari.


B. Waktu pelaksanaan
Hari/tanggal : Selasa/ 23 Februari 2010
Tempat : Ruang Sumba Hotel Borobudur jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta.
Waktu : 08.00 – 15.30 wib

C. Pemateri :
Pemateri diisi oleh berbagai kalangan yang peduli dengan keberadaan anak CIBI diantaranya adalah :
1. Prof. Johannes Surya yang memaparkan tentang potensi yang bisa digali oleh keberadaan anak CIBI.
2. Prof. Komarudin Hidayat dengan paparan hakekat pendidikan dan berbagai teori yang melatarbelakangi adanya layanan pendidikan bagi anak CIBI.
3. Antonius Tanan Rektor Ciputra Entrepreneurship University yang berbicara tentang pentingnya mengajarkan jiwa entrepreneurship kepada anak CIBI.
4. Dipandu oleh moderator Soegeng Sarjadi dari SS Syndicate.
Acara lengkap Terlampir

D. Acara :
Terlampir

E. Peserta :
1. Para akademisi yang peduli terhadap anak CIBI
2. Para praktisi pendidikan (guru, kepala sekolah dan mahasiswa)
3. Para siswa CIBI
4. Pengusaha dari berbagai perusahaan nasional dan internasional

F. Penutup :
Demikian laporan ini disampaikan sebagai pertanggungjawaban dari penulis setelah mengikuti kegiatan seminar tersebut. Seminar tersebut telah mampu menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang keberadaan dan potensi anak cerdas istimewa.
Semoga laporan ini juga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan layanan pendidikan bagi anak CIBI.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Bandung, 25 Februari 2010
Yang membuat Laporan


Imam Wibawa Mukti,S.Pd
(Koordinator Progam Akselerasi SMP Taruna Bakti)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar